Senin, 18 April 2016

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN DARI HTML, CSS, JAVA SCRIPT, DAN PHP

Edit Posted by with No comments
Mungkin bagi kalian yang bukan anak SMK jurusan bertemakan teknologi merasa asing dengan judul diatas, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kalian yang bukan anak smk berjurusan itu mengetahui atau bahkan sampai ahli di bidang pemrograman. Kali ini saya akan menjelaskan pengertian dan perbedaannya

1. HTML 

        HTML adalah singkatan HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet (browser). HTML  dapat juga digunakan sebagai link antara file - file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan antar situs dalam dunia  internet.
     Seperti yang udah dijelaskan HTML adalah Hyper Text Markup Language. Tapi mengetahui singkatan tidak cukup. kalian harus tau juga arti kata kata tersebut.

  • Hyper Text adalah dimana kita  "berpindah" disekililing web, dengan mengklik sebuah teks yang bernama hyperlink. Hyperlink adalah sebuah teks khusus di internet dimana saat teks tersebut di klik, akan membawa kita ke halaman web selanjutnya atau halaman web lan yang telah ditentukan
  • Markup  Adalah hal yang dilakukan oleh tag HTML kepada teks yang ada di dalamnya. HTML menandai teks yang berada di dalamnya sebagai teks tertentu. Misalnya menandai sebuah teks dengan tag  HTML <i> maka teks tersebut akan berubah menjadi italic (huruf yang miring). 
  • Language yang berarti bahasa. HTML adalah sebuah bahasa yang memiliki kata kata berupa kode dan syntax seperti bahasa yang lain.
Nahhh itu dia tadi pembahasannyaa sekarang kita bahas fungsi dari HTML itu sendiri 

Fungsi  HTML : 
  1.   Untuk Membuat Halaman Web 
  2.   Sebagai Pondasi Bagi Sebuah Website maksudnya disini adalah HTML merupakan pondasi utama untuk mengimplementasikan bahasa lainnya seperti CSS, Java Script,  dan PHP 
  3.   Untuk Menandai Teks Pada Halaman Web 
  4.   Untuk Menandai elemen elemen pada 
  5.   Untuk menampilkan informasi dalam bentuk tabel
  6.   Untuk menambahkan objek seperti audio, video, gambar, dll 
  7.   Untuk membuat online form  
Contoh script html sederhana adalah sbb :

<html>

<head>

<title> Latihan HTML </title>

<head>

<body>

<body bgcolor=#00FFFF>

<h1> Belajar Website </h1>

<hr width=100% align=center size=5% color=”blue”>

<h2><b>HURUF TEBAL</b></h2>

<p><i>Huruf Miring</i><br><u>Garis Bawah</u> </p>

<h3>Daftar:</h3>

<p>1. No Satu<br>2. No Dua<br>3. No Tiga</p>

<p>Contoh Script HTML yang sederhana semoga dapat membantu anda</p>

</body>

</html>

Dan hasilnyaa akan seperti inii

2. CSS


CSS adalah kependekan dari Cascading Style Sheet. CSS merupakan salah satu kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik.CSS adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Awalnya, CSS dikembangkan di SGML pada tahun 1970, dan terus dikembangkan hingga saat ini. CSS telah mendukung banyak bahasa markup seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozilla XUL (XML User Interface Language).

fungsi css

CSS digunakan oleh web programmer dan juga blogger untuk menentukan warna, tata letak font, dan semua aspek lain dari presentasi dokumen di situs mereka. Saat ini, hampir tidak ada situs web yang dibangun tanpa kode css.
3. Java Script 
JavaScript adalah bahasa pemograman web yang bersifat Client Side Programming Language.Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client yang dimaksud merujuk kepada web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.
Jenis bahasa pemograman Client Side berbeda dengan bahasa pemograman Server Side seperti PHP, dimana untuk server side seluruh kode program dijalankan di sisi server.
Untuk menjalankan JavaScript, kita hanya membutuhkan aplikasi text editor, dan web browser.JavaScript memiliki fitur: high-level programming language, client-side, loosely tiped, dan berorientasi objek.

fungsi java script 
JavaScript pada awal perkembangannya berfungsi untuk membuat interaksi antara user dengan situs web menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu pemrosesan di web server. Sebelumjavascript, setiap interaksi dari user harus diproses oleh web server.
Bayangkan ketika kita mengisi form registrasi untuk pendaftaran sebuah situs web, lalu men-klik tombol submit, menunggu sekitar 20 detik untuk website memproses isian form tersebut, dan mendapati halaman yang menyatakan bahwa terdapat kolom form yang masih belum diisi.
Untuk keperluan seperti inilah JavaScript dikembangkan. Pemrosesan untuk mengecek apakah seluruh form telah terisi atau tidak, bisa dipindahkan dari web server ke dalam web browser.
Dalam perkembangan selanjutnya, JavaScript tidak hanya berguna untuk validasi form, namun untuk berbagai keperluan yang lebih modern. Berbagai animasi untuk mempercantik halaman web, fitur chatting, efek-efek modern, games, semuanya bisa dibuat menggunakan JavaScript.
Akan tetapi karena sifatnya yang dijalankan di sisi client yakni di dalam web browser yang digunakan oleh pengunjung situs, user sepenuhnya dapat mengontrol eksekusi JavaScript. Hampir semua web browser menyediakan fasilitas untuk mematikan JavaScript, atau bahkan mengubah kode JavaScript yang ada. Sehingga kita tidak bisa bergantung sepenuhnya kepada JavaScript.
4.PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.
PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).
Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.
aat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor.
PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.
aat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor.
PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.

sudaahh dijelaskan tadi fungsi dan pengertian dari keempat itu sekarang kita masuk ke perbedaannyaa... 

ini dia perbedaannya : 
  • -           HTML (Hyper Text Markup Languange ) adalah bahasa standar untuk sebuah website, biasanya sih mengatur tata letak, warna background, warna text, ukuran huruf. Dll
  • -       CSS (cascading Style Set) adalah pengembangan dari HTML yang fungsinya untuk mengumpulkan style-style dalam HTML menjadi kelas-kelas yang bisa diakses di semua halaman website. Intinya dengan css tata letak, pemformatan, pewarnaan, jadi lebih mudah, dan lebih terkontrol karena dengan merubah satu kode saja maka semua bagian html juga berubah.
  • -          -   Javascript adalah bahasa pemrograman client site yang fungsinya member efek pada tampilan web di browser. Contohnya : slide show, warna menu berubah saat di sorot mouse, menu dropdown turun saat didekati mouse. Dll
  • PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web


0 komentar:

Posting Komentar